Thursday, June 27, 2013

Baking for Newbie: Bolu Panggang Ngga Pake Bantat :))


Waaah, sore ini seneeeng banget..! Alhamdulillaah, kue bolu yang saya buat gak bantat lagiii.. yaay! Ini kali ketiga saya praktek baking bolu. Bolu pertama keras, bantat, terlalu banyak terigu. Bolu kedua ada perbaikan dikit, udah gak keras tapi teposs, bantat juga, haha..

liaaqeela.blogspot.com

Selama praktek tiga kali, ada dua resep bolu yang saya gunakan. Di resep yang pertama, entah kenapa jumlah terigu yang digunakan terlalu banyak. Komposisi utamanya empat butir telur dengan terigu sebanyak 350 gr. Yaaa sayah yang poloooss ini ngikutin ajah.. daan, tadaaa... jadilah bolunya sekeras bantal sofa sayah. Heuheuheuu...

Setelah percobaan pertama yang gagal, dan setelah diberi arahan dikit ama nyokap, saya cari-cari resep lagi. Naah, ketemu resep yang make sense niih.. Di resep yang kedua ini, perbandingan telur dengan terigu lebih masuk akal. Dua butir telur untuk 100 gr tepung terigu. Berikut resep yang saya ambil dari http://aneka-buka-puasa.blogspot.com/2012/11/resep-kue-bolu-panggang-lembut.html

Bahan Bolu Panggang :
100 gram gula pasir
2 btr telur
1/4 sdt soda kue
1/4 sdt vanili
100 gr tepung terigu
2 sdm mentega, cairkan

Cara Membuat Bolu Panggang :
Kocok telur, gula dan vanili sampai kental
Kemudian Masukkan soda kue, tepung terigu. Aduk Hingga rata.
Masukkan mentega cair. Aduk Hingga rata.
Lalu Masukkan ke dalam cetakan kue bolu.
Kemudian Panggan dalam oven 180C, sekitar 10 menit atau sampai matang. Angkat.

Resep ini saya praktekkan untuk bolu kedua dan ketiga. Betewe, karena telur jaman sekarang imut gilaak kayak batu kerikil, saya pake TIGA BUTIR TELUR! En olsooo soda kue saya ganti dengan baking powder sebanyak SETENGAH SENDOK TEH. Kenapa diganti?? Karena pengalaman pake soda kue yang jumlahnya terlalu banyak untuk pancake, bikin rasanya pahittt... Emangnya baking powder ga pahit? Ya sama aja sih kalo kebanyakan juga merusak rasa. Tapi so far blom pernah siiy makan produk bakery yang pahit karena baking powder... Apapun lah ituuu, pokoknyaa, bye bye lah yaaa soda kueeee.. hehehe..

Naah, berikut ini proses pembuatan bolu kedua dan bolu ketiga saya yang penuh harapan namun juga penuh kecemasan. Berharap ada perbaikan secara resepnya beda dengan yang sebelumnya, tapi tetep aja ada perasaan takut gagal lagi... hehe.. Oh iya, untuk bolu ketiga, saya apply resep dengan jumlah komposisi dua kali lipat dari resep diatas. Misalnya, telur yang saya pake jadi 3x2 butir = 6 butir, baking powder  ½ x 2 sdt = 1 sdt, gula 2x100 gr = 200 gr, dst...

Proses Pengocokan
Bolu #2: Dengan tiga butir telur dan 100 gram gula, butuh mengocok sekitar 15 menit  untuk dapetin adonan yang cukup kental. Sebenernya sih waktu itu masih bingung deh yang disebut kental kayak gimana. Katanya bisa dilihat dari jejak adonan waktu dikocok. Jejaknya kayak apaaa? Yah, pokoknya kocok terus aja lah sampe berjejak...

Bolu #3: Baca-baca lagi beberapa artikel, akhirnya dapet juga info kriteria tingkat kekentalan yang dimaksud. Pernah ngocok putih telur sampe kaku dan adonannya gak menetes? Ya, begitulah kira-kira yang dimaksud dengan kental. It’s like whipped cream. Waktu pengocokan gak bisa ditentukan karena tergantung peralatan dan komposisi. Intinya, kocok teroos sampe kaku.

Proses Mencampur Terigu dan Margarin Cair ke Adonan Telur
Bolu #2: Naah, waktu bikin bolu pertama, terigu dan margarin cair dimasukin ke adonan telur sembari dikocok terus pake mixer. Terus kata si Jeng Henny, sebaiknya sih diaduk aja pake spatula. Yaudah, di bolu kedua ini, waktu masukin terigu dan margarin cair, cukup saya aduk pake spatula minjem ama spongebob, hihihi... (etapi bo’ooong deeeeeng, itu spatula emak sayaah :p). Dan tahukah sodara-sodaraaaa, adonan telur yang sudah mengembang kaku tau-tau menyusuuuuuut. Pessss.... kayak balon kempes. Panik, panik, panik! Tapi gak bisa melakukan apa-apaa... Pasraaaaah pada apapun yang akan terjadi dengan adonan ini... hiks hiks..

Bolu #3: okeh, masih nervous pada tahap penyampuran ini. Takut adonannya nyusut lagi... tapi bismillah, saya tuang terigu yg udah dicampur baking powder dikit-dikit sambil diaduk pelan. Lebih bagus lagi terigunya dituang sambil diayak, biar gak menggumpal dalam adonan. Karena gak punya ayakan terigu, saya apa adanya ajaaa laaah, campur ajaah... setelah itu margarin cair bersuhu ruang juga dituang sedikit-sedikit.

Proses Pemanggangan
Untuk memanggang saya pake baking pan, lebih simple dibandingkan pake oven. Menggunakan baking pan ini gak perlu dipanasin dulu, unlike oven, jadi irit waktu dan irit gas, hehehe. Sebelum adonan dituang, jangan lupa yaa olesi baking pan-nya pake margarin plus ditaburi tepung terigu sedikit supaya bolu-nya nanti gak lengket pas matang.

Bolu #2: Sambil membaca basmalah, saya tangkringin baking pan ke atas kompor dengan api sangat kecil. Takut gosong :p . Lima belas menit berlalu, saya buka baking pan dan saya tusuk bolu pake sumpit, gak ada adonan yang nempel di sumpit sih, tandanya udah matang? Katanya sih gitu... Saya potong aja tuh bolu yang masih melingker di dalam baking pan –dan masih proses pemanggangan lho ituuu.. kacau kan?? Eeeh, bagian tengah bolu ternyata blom mateng! Potongan bolu setengah matang saya taruh lagi ke dalam baking pan... lanjut dipanggang... gak lama saya cek lagi, masih blom matang juga ternyata... saya sampe beberapa kali ngecek lho, which is harus buka tutup baking pan... haha, asal banget yaaa proses manggangnyaaaa... waktu pemanggangan sekitar 40 menit.
Dan hasilnya adalaaah, bolu yang lumayan empuk, tapi masih bantat daaaan menciut di dalam baking pan :D Horeee, faaaaileed! :p

Bolu #3: Waktu menuang adonan ke baking pan dan sisa adonan udah tinggal dikit banget di baskom, ternyata ada gumpalan terigu di dasar baskom -__-“ artinya saya ngaduk terigunya gak rata. Yaudah deh, gumpalan itu saya aduk-aduk lagi biar kecampur rata dengan adonan telur yang tersisa di baskom, then, saya tuang ke baking pan yang udah penuh adonan. Eh, adonan gumpalan terigu itu nyilem, hahahaa... massa gumpalan terigu itu kan lebih besar ketimbang adonan yang udah lebih dulu dimasukkin ke baking pan ya. Whatever lah, da show must go on!

Trus truss... saya udah belajar dari artikel-artikel baking, ternyata yang bikin bolu ciut di baking pan salah satunya adalah karena sering buka tutup oven/ baking pan. Hohohohooo... okeh, saya pede deh kali ini, bulat tekad untuk gak buka tutup baking pan selama 40 menit waktu pemanggangan. Dan hasilnya adalaaah, waooo, bolu yang ngembang dan empuk. Gak beda hasilnya dengan bolu instan yang pernah saya bikin sebelumnya J senangnyaaaa....

Bolunya udah matang, tampilannya bikin senang. Ongkos produksi bolu ketiga yang cantik itu sekitar lima belas ribu rupiah, bisa jadi 24 potong ukuran sedang. Sangat efisien dari segi keuangan dibandingkan beli bolu jadi yang harganya bisa 30ribuan J Setelah resep basic bolu ini sukses, saya bisa lanjut ke bolu atau cake modifikasi. Bolu pisang atau bolu tape misalnya... asiiik... :D

Naah, buat yang newbie di dunia baking seperti saya, modalnya semangat dan gak putus asa, karena baking itu gampang-gampang susah, but everyting is possible deh. Sooo,  selamat praktek yaa... dan selamat berhemat :D


NB. Waktu mau apload foto, eeeh, gak sengaja foto-foto bolu utuhnya ke-delete, kesisa satu doang... huwaaaa :”( jadi cuma itu aja deh fotonyaaa.. hikssss...

3 comments:

  1. Mb saya pake resep itu tapi kok hasilnya gk ada stgh loyang cm jadi dkit banget apa ditmbah air atau gmn? Atau telurnya harus banyak misal 10 butir? Mksh mb

    ReplyDelete
  2. kasih recomen ukuran loyang dong.biar menul2 bolunya sist

    ReplyDelete